Soal TVRI Kelas 4-6 Hari ini - Materi: Pecahan dan Desimal

Beberapa waktu lalu, TVRI menyiarkan program Belajar dari Rumah yang ditujukan bagi siswa kelas 4-6 SD. Dalam siaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, materi pelajaran yang akan dibahas pada hari tersebut adalah mengenai Pecahan dan Desimal. Berikut ini terdapat beberapa soal dan jawaban terkait materi tersebut.

Melalui program ini, harapannya siswa akan mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang operasi hitung bilangan pecahan. Materi kelas 1-3 SD akan disiarkan pada jam 09.00-09.30. Terdapat tiga pertanyaan yang harus dijawab oleh para siswa. Berikut ini adalah soal beserta jawaban lengkapnya.

Soal 1:
Berapakah bentuk desimal dari 27/25 dan 3/8?

Jawaban: Bentuk desimal dari:

  • A. 27/25 = 1,08 
  • B. 3/8 = 0,375
Soal 2:
Anang mempunyai 5 buah cokelat. Ketika ia pergi sekolah ternyata 7/10 bagian dari sebuah cokelat dimakan adiknya. Berapa cokelat yang dimiliki Anang sekarang? Tuliskan dalam bentuk desimal!

Diketahui: Jumlah cokelat = 5 buah Dimakan adik = 7/10 bagian

Soal: Berapa jumlah coklat Anang sekarang?

Jawaban: Cokelat yang dimakan adik = 7/10 x 5 = 3,5 Jadi, coklat yang dimiliki Anang sekarang = 5 - 3,5 = 1,5 buah

Soal 3:
Tiga truk mengangkut beras. Truk pertama mengangkut 5 1/4 ton, truk kedua mengangkut 4 3/5 ton, dan truk ketiga mengangkut 4 3/8 ton. Berapa kuintal beras yang dapat diangkut oleh ketiga truk itu? Tulis dalam bentuk desimal!

Diketahui: 

  1. Truk pertama mengangkut = 5 1/4 ton 
  2. Truk kedua mengangkut = 4 3/5 ton 
  3. Truk ketiga mengangkut = 4 3/8 ton 

Soal A: Berapa kuintal beras yang dapat diangkut oleh ketiga truk tersebut? 

Jawaban: Semua pecahan campuran dijadikan pecahan biasa dulu, baru diubah ke desimal 

  1. Truk pertama mengangkut = 5 1/4 ton = 21/4 = 5,25 ton 
  2. Truk kedua mengangkut = 4 3/5 ton = 23/5 = 4,6 ton 
  3. Truk ketiga mengangkut = 4 3/8 ton = 35/8 = 4,375 ton 

Soal B: Beras yang diangkut ketiga truk tersebut adalah = 5,25 ton + 4,6 ton + 4,375 ton = 14,225 ton 1 ton = 10 kuintal 

Maka jawabannya adalah = 14,225 x 10 = 142,25 kuintal

Disclaimer: Soal dan jawaban yang disediakan di sini tidak dimaksudkan sebagai bocoran untuk penilaian harian. Fungsi utamanya adalah sebagai sumber referensi belajar bagi para siswa. Jika terdapat kesamaan dengan soal yang muncul pada penilaian harian, hal tersebut semata-mata merupakan kebetulan belaka.

Quote From Admin:
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu dan masyarakat yang berkualitas.Melalui pendidikan, kita dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapai kemajuan dan keberhasilan dalam kehidupan.

Pendidikan memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan pribadi, memungkinkan kita untuk memahami dunia dengan lebih baik, menghargai keragaman, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

Oleh karena itu, investasi dan perhatian terhadap pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan yang lebih baik, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Mari kita terus mendorong dan mendukung upaya dalam meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan relevansi pendidikan, agar setiap individu memiliki kesempatan yang adil untuk menggapai potensi penuh mereka dan mewujudkan perubahan positif dalam dunia ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form