Cara Masuk Bios dan Merubah Urutan Booting

Jika kamu memasang 2 Hardisk pada komputer dan system operarisi kamu berada di haridisk tertentu maka kamu harus menjadikan hardisk yang terdapat system operasi berada di urutan pertama agar saat menyalakan komputer lebih cepat. untuk hal tersebut kamu perlu masuk ke bios.

Mangatur Hard Drive booting juga di perlukan saat hendak menginstal windows kamu memerlukan untuk masuk bios dan mengubah uratan Booting ke tempat kamu menaruk windows contoh Flashdisk.

Pengertian Bios

BIOS adalah berasal dari kepanjangan ‘Basic Input Output System’ yaitu merupakan sebuah perangkat lunak atau software (yang ditulis dalam bahasa assembly), yang mengatur fungsi-fungsi dasar dari perangkat hardware (perangkat keras) komputer/PC.


BIOS berada dalam sebuah chip memory (ROM atau Flash Memory berbahan CMOS (Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor) yang terdapat di motherboard/mainboard. Sebuah baterai yang disebut sebagai baterai CMOS memiliki fungsi untuk menjaga agar tanggal serta settingan lainnya yang telah kita setting pada BIOS tidak hilang ataupun kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer/PC telah dimatikan.

Fungsi dari BIOS

Fungsi BIOS adalah untuk memberikan instruksi-intruksi  yang dikenal dengan istilah Power On Selft Test (POST) yaitu perintah untuk menginisialisasi serta identifikasi perangkat sistem seperti CPU, VGA Card, RAM, Keyboard, Mouse, Harddisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan sebagainya pada saat komputer/PC mulai booting.

Cara kerja atau prinsip kerja BIOS

Cara kerja BIOS adalah dimulai dari proses inisialisasi, dimana dalam proses tersebut kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis dari hardisk serta  kapasitasnya dan sebagainya. Terus BIOS akan mencari, menginisialisasi serta menampilkan informasi-informasi dari Graphics Card. Lalu kemudian akan mengecek device ROM lain seperti  harddisk selanjutnya melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test. Setelah semua test komponen-komponen telah berhasil dilakukan, selanjutnya BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan juga OS (Sistem Operasi).

Beberapa merek bios yang ada di dalam komputer maupun leptop bisanya memiliki perintah berbeda dan bisanya menekan tombol DEL, ESC, F10. untuk itu kamu bisa mencoba dengan beberapa tombol.

Cara Masuk Bios Dan marubah Urutan Booting
di artikel ini kamu tidak hanya diberi tahu tentang Bios kamu juga akan di bari contoh bagaimana cara masuk bios dan mengganti urutan Booting

Cara Merubah Uurutan Booting



Gambar Masuk Bios


  • Tekan tombol Power pada Komputer atau laptop
  • Tekan tombol Del sebelum masuk ke windows
  • Maka kamu akan di bawa ke halaman Bios
  • Masuk Bios Features
  • Cari bagian Boot Options Priorities
  • Setting Urutan Boot Options #1, #2 Sesuai Keinginan kamu
  • Lalu Tekan F10
  • Dan Save
  • Exit
Catatan : Jika tampilan berbeda sesuai kan dengan yang tampil.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form