Para Petani Tembakau Mulai Menanam Bibit

Tembakau adalah bahan yang yang di gunakan untuk membuat sebuah rekok, tembakau kebanyakan di tanam oleh para petani dan kemu dian di jual ke pabrik untuk mendapat keuntungan, namun tak sedikit para petani yang mengalami keruhian. dikarenakan harga bahan pokok yang mahal dan biaya perawatan dan pengerjaan selama berbulan-bulan.

Biasanya Petani Menanam Tembakau dari mulai bibit yang kemudian di pindah ke beberapa tempat lahan tanah. setelah tembakau besar daun akan di pilih dan di potong menjadi potongan kecil. yang nantinya harus di jemur setidaknya sekitar 2 hari, namun jika tembakau sudah besar atau sudah di jemur tidak bisa terkena air, karena bisa mengekibatkan tembakau jadi rusak.

Oleh karena itu petani tembakau selalu barharap agar tidak turun hujun waktu proses pemeliharaan atau menjemur tembakau.

Survei Lapangan : saya bertemu dengan Bpk Harun warga Desa Klompang Barat beliau sedang melakukan penamaman bibit untuk persedian tembakau musim ini, dia bercerita dan beryakinan bahwa tembakau tahun ini harus mempunya harga yang mahal karena dengan harga mahal beliau bisa mendapat keuntungan. 

Tahun lalu sebanrnya harga tembakau sudah lumayan namun beliau berkata masih kurang karena proses tanam bibit hingga panen membutuhkan setdaknua 5 bulanan. dalam waktu tersebut tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk membuat tembakau tumbuh sampai bisa panen.

harga pupuk dan kebutuhan lain seperti pekerja selama waktu pertumbuhan dan saat finising membutuhkan uang ya banyak, saya harap harga tahun ini bisa membuat saya  untuk karena di tahun sebelumnya sempat terjadi hujan jadi harga tembakau kurang memuaskan.

Semoga tembakau saya bulan ini tidak terkena hujan dan mendapat keuntungan yang sesuai agar saya tidak sia-sia karena bertani tembakau bukan hanya modal uang melainkan juga modal otot yang dan waktu, Ungkap harun dari desa klompang barat, Kecamatan pakong.

karena di disini cuman ada dua jenis pertanian yaitu tembakau di Musim panas dan Padi di musim kemarau, dan sekarang waktunya tembakau saya harap bisa mendapat kemujuran.


Petani Mulai Menanam Bibit Tembakau

Petani sudah mulai Menanam bibit yang nantinya akan menjadi bunga tembakau dan di tanam hingga menjadi tembakau yang besar. Panen akan dilakukan setelah tembakau di keringkan selama beberapa hari.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form