Apa Itu Metode Pembelajaran

 

Gambar Apa Itu Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran - Menurut Dajamarah (dalam Susanto, 2016:153), metode adalah cara atau proses yang ditempuh untuk segala sesuatu yang ingin dicapai. Metode dapat dijadikan proses yang teratur untuk melakukan sesuatu.

Metode pembelajaran

adalah suatu cara yang dirancang dalam bentuk kegiatan praktis dan nyata dalam mengimplementasikan rencana yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran (Hamiyah dan Jauhar, 2014:49). Dalam pembelajaran perlu menyusun rencana terlebih dahulu sebelum mengimplementasikannya sehingga dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Metode pembelajaran adalah usaha yang didalamnya terdapat prosedur buku untuk menyampaikan materi dalam melaksanakan kegiatan kependidikan kepada siswa (Tardif dalam Syah, 2014:198).  Pelaksanaan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang disampaikan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan metode adalah suatu cara atau proses yang dilakukan guru untuk membuat situasi belajar yang dapat mendorong kelancaran proses dalam kegiatan belajar melalui interaksi guru dengan siswa pada saat terjadinya proses dalam pengajaran.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form