Cara Membuat dan Memasang Favicon di Halaman Blogspot Blogger

 Jika Anda sudah lama menggunakan Blogger, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah "favicon".

Di sisi lain, ada blogger baru yang bahkan tidak tahu apa itu favicon. Jadi ada baiknya untuk berbicara secara singkat tentang apa itu favicon.

Favicon adalah singkatan dari "Favorit Ikon" yang merupakan ikon kecil utama yang muncul di bilah alamat atau sebagai penanda di blog atau situs web.

Sebagian besar waktu, favicon situs akan mengambil bentuk logo aslinya.

Ini karena favicon juga dapat dianggap sebagai "identitas" atau "fitur khas" blog atau situs web.

Hanya orang-orang di negara kita yang mungkin tahu apa itu favicon, tetapi favicon memiliki banyak nama lain, seperti ikon pintasan, ikon situs web, ikon URL, atau ikon bookmark.

Selain itu, favicon memiliki format file (.ico) dengan ukuran logo yang sangat kecil yaitu berkisar antara 16 x 16 piksel hingga 128 x 128 piksel. Namun seringkali, kami hanya memilih ukuran 16 x 16 hingga 32 x 32 piksel.

Anda bisa memperhatikan favicon blog ini. Untuk melihatnya, buka tab browser baru. Favicon blog ini berukuran 32 x 32 piksel, yang menurut saya adalah ukuran favicon yang paling bagus.

Ukurannya pas, sehingga favicon tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Tapi sekali lagi, ini hanya sudut pandang saya, dan jika Anda tidak setuju, itu tidak masalah.

Kegunaan favicon di blog

Salah satu alasan bagus untuk membuat dan memasang favicon di situs Blogger adalah memudahkan pengunjung untuk mengingat dan menemukan situs Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membangun personal brand untuk website Anda dengan favicon. Ini adalah poin pertama.

Juga, menempatkan favicon di situs Anda akan membuatnya terlihat jauh lebih profesional daripada situs yang tidak memilikinya.

Cara membuat favicon

Cara membuat favicon sebenarnya sangat mudah. Ada dua cara untuk membuat favicon: dengan alat online atau dengan alat yang sudah Anda miliki di rumah.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin membuat favicon yang berfungsi dengan baik. Misalnya, ekstensi gambar harus be.ico, dan ukuran gambar harus antara 16 x 16 dan 32 x 32 piksel.

Aturan ini dibuat agar favicon Anda akan terlihat bagus di browser orang yang mengunjungi situs Anda.

Jika Anda tidak tahu cara mengubah ekstensi gambar default (png, jpeg, atau webp), Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak alat pembuat favicon online, seperti favicomatic.com, favicon.pro, genfavicon.com, favicon. bersama, dll.

Aturan ini dibuat agar favicon Anda akan terlihat bagus di browser orang yang mengunjungi situs Anda.

Jika Anda tidak tahu cara mengubah ekstensi gambar default (png, jpeg, atau webp), Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak alat pembuat favicon online, seperti favicomatic.com, favicon.pro, genfavicon.com, favicon. bersama, dll.

Dengan alat pembuat favicon online, Anda dapat mengubah ekstensi gambar default ke format (.ico) dan mengatur ukuran gambar yang akan Anda gunakan sebagai favicon.

Anda hanya perlu mengunggah gambar yang akan dibuat oleh favicon ke generator favicon agar dapat berfungsi.

Cara Menggunakan Alat Generator Favicon Online untuk Membuat Favicon

Saya memilih untuk menggunakan generator favicon di situs Favico.pro untuk tutorial ini. Saya memilih untuk menggunakan favico.pro tanpa alasan tertentu, karena semua generator favicon hampir sama.

Tapi satu hal yang jelas ketika saya mencari Google untuk "generator favicon." Saya melihat bahwa situs itu berada di urutan teratas daftar, dan saya mengkliknya karena saya tertarik dengannya. Saya pikir situs ini mudah digunakan untuk kebanyakan orang. Oke langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buatlah gambar atau logo yang bagus yang nantinya akan Anda gunakan sebagai favicon. Saya pikir itu akan bekerja paling baik jika Anda menggunakan gambar atau logo persegi.

Tidak yakin apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, Anda bisa membuat logo dengan software gratis seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW, atau PixelLab, atau Anda bisa menggunakan jasa desain logo terpercaya jika tidak mau repot.

2. Silakan kunjungi http://favicon.pro untuk mengetahui cara membuat favicon.


Kemudian klik "Choose File" dan "Upload" untuk mengirim gambar atau logo yang sudah Anda buat.


Untuk hasil terbaik, jangan lupa untuk mengatur ukuran gambar menjadi 32 x 32 piksel. Terakhir, silakan klik tombol Kirim.

3. Setelah Anda mengirim gambar atau logo, situs akan secara otomatis menampilkan pratinjau dari apa yang Anda kirim.


Jika terlihat bagus untuk Anda, Anda dapat mengunduh favicon.

Cara memasang favicon yang benar

Sekarang setelah Anda memiliki favicon, Anda dapat menambahkannya ke blog Anda. Proses instalasi sangat sederhana, dan Anda tidak perlu khawatir mengedit template yang tidak diperlukan dalam proses ini. Nah, simak langkah-langkahnya!

1. Masuk ke akun Blogger Anda terlebih dahulu. Jika sudah, masuk ke menu layout, cari gadget favicon, dan klik tombol Edit.


2. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke tab baru, di mana Anda dapat memilih "Pilih File" dan mengunggah gambar favicon yang Anda unduh sebelumnya.


Jika ikon favicon muncul, berarti favicon Anda berhasil diunggah. Terakhir, silahkan klik tombol Simpan.


Penutup

Itulah penjelasan singkat “Cara Membuat Favicon di Blogger” semoga mudah dipahami. Jangan menyerah dan terus maju! SELAMAT Mencoba. TERIMA KASIH.

Kata Kunci Terkait*
Cara Membuat Favicon di Blogger
Cara memasang favicon yang benar
Cara membuat favicon
Kegunaan favicon di blog
Cara Menggunakan Alat Generator Favicon Online untuk Membuat Favicon

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form