Mengatasi HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks Google Search Console

Beberapa waktu lalu saat saya menulis sebuah artikel dan menunggu beberapa saat dan saya cek URL di Google Search Console di Index Tapi ada keterangan HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks dengan masalah HTTPS tidak di Evaluasi.

Masalah tersebut baru saya alami beberapa waktu lalu dan sebelumnya tidak pernah ada masalah pada bagian HTTPS. ContohMasalah yang muncul di google Search Console bisa kamu lihat dibawah ini

Mengatasi HTTPS tidak valid

Sebelum masuk ke cara untuk mengatasi masalah alangkah baiknya jika kamu tahu dulu apa itu http dan https yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu protokol untuk komunikasi antarsistem serta mentransfer informasi dan data melalui jaringan.

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, yang mirip dengan HTTP tapi menggunakan SSL/TLS untuk mengamankan proses transfer data.

Saat ini kebanyakan dari situs sudah menggunakan https karena marupakan protokol yang paling aman bagi website.

kembali ke topik awal bagaimana cara mengatasi jika muncul error Https di Google Search Console yang mungkin beberapa waktu lalu ramai di pertanyakan karena muncul di berbagai url di GSC.

Cara mengatasi HTTPS tidak valid atau tidak di Evaluasi

Memastikan HTTPS Aktif

jika kamu pengguna blogger pastikan https sudah tersedia dan mengaktifkannya di menu setelan dengan cara, Login ke Blog kamu, masuk ke setelan dan Scrol ke bawah cari https pastikan tersedia dan aktifkan pengalihan ke https yang mana ini berfungsi jika ada yang makai HTTP akan di alihkan ke HTTPS.

Uji Ulang Di Google Search Console

jika https sudah pasti aktif  atau Sebelumnya tidak ada masalah namun tiba-tiba muncul di url posting baru maka kemungkinan di sebabkan ada url di halaman posting yang menggunakan http bisa jadi karena iklan atau beberapa faktor lainnya untuk itu kamu perlu memastikan di bagian posting tidak ada url yang tidak valid. Dan Coba cek ulang URL dengan cara menguji ulang url di Google Search Console dengan cara sebagai Berikut

  • Buka Google Search Console
  • Copy Link Posting/Artikel
  • Pastekan di Inspeksi URL
  • Enter
  • Maka akan muncul apakah url sudah kedetek beserta info lainnya
  • Jika masih ada muncul HTTPS tidak valid
  • Klik Uji URL Aktif dan tunggu sampai pengujuain selesai
  • Klik Minta Pengindeksan
  • Tunggu sampai selesai

Catatan dan pengalaman Pribadi :

Biasanya saat selesai menulis url akan otomatis ke indek di Google Search Console dan tidak ada masalah namun kemaren saya mengalami, muncul https tidak valid tapi url dapat di index dan muncul di mesin pencari, saya curiga error di sebabkan dari link iklan.

Akhirnya saya tes ulang (menual) url dan melakukan uji url aktif di Google search console dengan harapan link di iklan sudah ganti dan minta pengindekan ulang. dan sesudah menunggu beberapa waktu saya kembali melakukan tes dan ternya bisa dengan keterangan url ada di google atau ke index dan sudah tidak muncul keterangan url https tidak valid.

jadi kesimpulannya masalah saya di atasi dengan cara uji ulang dan minta pengindekan ulang dan menunggu samapai normal seperti biasa.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form