Makalah Perdagangan Dan Pembayaran Internasional




Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik, hidayah serta inayahnya kepada kita semua, sehingga kami dapat menyusun sebuah makalah ini sebagai tugas dari mata kuliah Perekonomian Indonesia dengan judul“Perdagangan dan Pembayaran Internasional”. Solawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada tauladan serta junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman yang terang benderang pada saat ini. 

 Tugas makalah ini tidak akan dapat terselesaikan tanpa bantuan dan dukungan dari teman-teman serta para pembimbing yang telah memberikan arahan untuk perbaikan makalah ini. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini. Kami menyadari bahwa tulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, memiliki banyak kekurangan dan membutuhkan perbaikan, sehingga kritik dan saran sangat kami butuhkan demi kesempurnaan makalah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan semua pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca makalah ini. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk seluruh mahasiswa Unnes pada khusunya dan seluruh pembaca makalah ini pada umumnya.

LATAR BELAKANG
Semakin meluasnya globalisasi membuat ketergantungan antar Negara semakin tinggi Indonesia sebagai negara yang menganut sistem perekonomian terbuka, keadaan dan perkembangan perdagangan luar negeri serta neraca pembayaran internasional tidak bisa lepas dari hal-hal yang sedang dan akan berlangsung di dalam percaturan ekonomi global. Situasi dan kecenderungan umum perekonomian dapat dipastikan akan mempengaruhi perekonomian Indonesia. 

Perekonomian dunia yang lesu akan melesukan pula perdagangan antar negara di dunia, termasuk Indonesia. Hubungan ekonomi dengan luar negeri adalah bagian dari hubungan internasional secara luas, yang mencakup juga hubungan politik, militer, pendidikan dan kebudayaan. Bagi negara sedang berkembang seperti Indonesia, terlebih dengan system ekonomi terbuka, memungkinkan hubungan ekonomi dengan luar negeri terjadi. 

Hampir setiap hari dalam surat kabar kita baca bagaimana hubungan-hubungan ekonomi dengan luar negeri baik secara bilateral maupun multilateral itu terjadi  Hubungan ekonomi dengan luar negeri ini memberi pengaruh terhadap perekonomian dalam negeri. Ada pengaruh buruk, tapi juga ada pengaruh menguntungkan. Hubungan ekonomi internasional menyangkut ransaksi barang, jasa modal, moneter, alat pembayaran dan semuanya berpengaruh terhadap ekonomi dalam negeri.

Setiap negara selalu berbeda bila ditinjau dari sumber daya alamnya, iklimnya, letak geografisnya, penduduk, keahliannya, tenaga kerja, tingkat harga, keadaan struktur ekonomi dan sosialnya. Perbedaan-perbedaan ini menyebabkan negara yang satu dengan negara yang lainnya saling membutuhkan sehingga terciptalah perdagangan internasional. Perdagangan internasional merupakan
salah satu aspek penting dalam perekonomian suatu negara, karena selain dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri, perdagangan internasional juga merupakan salah satu sumber pendapatan negara.
Download Lebih Lengkap KLIK DISINI

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form